sang pengembangMenjadi Pengembang membutuhkan mental yang kuat. Mental yang kuat tidak hanya dibutuhkan pada saat bisnis mengalami hambatan, tetapi juga dibutuhkan pada saat bisnis di pintu sukses. Tanpa mental yang kuat Sang Pengembang mudah menyerah jika menghadapi hambatan.

Begitupun sebaliknya tanpa mental yang kuat Sang Pengembang akan mudah tergoda jika proyek di pintu kesuksesan. Dalam skala tertentu proyek yang sukses menjamin Sang Pengembang menjadi kaya raya. Memiliki uang yang banyak jika tidak diiringi dengan mental yang kuat bisa menyebabkan Sang Pengembang tergelincir kepada dunia yang tidak seharusnya. Ya, dibutuhkan mental yang kuat disaat sukses maupun terkendala!!!

Beberapa sikap mental yang harus ada pada diri Sang Pengembang:

  1. Berorientasi pada kepuasan konsumen. Sebagai Pengembang, kepuasan konsumen harus diletakkan di atas segalanya. Akan berkurang nilainya apabila product sold outtetapi banyak komplain dari konsumen baik dari segi mutu bangunan yang tidak sesuai dengan specs yang dijanjikan maupun dari segi waktu penyelesaian yang tidak sesuai jadwal.
  2. Sanggup memberikan melebihi yang diharapkan konsumen. Memberikan lebih daripada yang diharapkan konsumen menjadikan Sang Pengembang memiliki nilai positif di hadapan konsumen. Konsumen yang puas akan merekomendasikan si Pengembang ke pada orang lain. Contohnya adalah Sang Pengembang menjanjikan penyerahan rumah adalah 5 bulan setelah akad kredit, tapi Sang Pengembang Sanggup menyelesaikan rumah dan menyerahkan dalam waktu 4 bulan saja. Sudah dipastikan konsumen akan merasa Sangat puas atas kondisi ini.
  3. Selalu menyediakan produk-produk yang kreatif dan inovatif. Produk yang kreatif dan inovatif diperlukan untuk menjadi differensiation antara satu Pengembang dengan Pengembang lain. Pengembang yang selalu berkreasi dan berinovasi akan memenangkan persaingan. Kreatif bisa dilihat dari segi disain produk, cara pembayaran atau metode marketing yang digunakan.
  4. Selalu proaktif dalam mencari peluang. Untuk mengembangkan bisnis diperlukan sikap yang proaktif. Dunia property adalah dunia yang dinamis, bersikap reaktif akan menyebabkan kita tertinggal dari pesaing. Proaktif dibutuhkan dalam menjalin kerjasama dengan stake holder property lainnya dan menjajaki setiap peluang yang ada untuk selalu melangkah maju.
  5. Bertanggungjawab 100% atas apa yang dikerjakan. Bertanggungjawab atas apa yang dilakukan adalah wajib hukumnya. Jika ada halangan dalam menjalankan bisnis Sang Pengembang harus siap bertanggungjawab untuk menyelesaikannya tanpa mempedulikan siapa yang membuat kesalahan. Sang Pengembang harus mampun berucap “Segala sesuatu yang terjadi di proyek adalah tanggungjawab saya”
  6. Cintailah dunia developer. Dunia developer adalah dunia yang kompleks. Satu proyek yang sedang berjalan akan bersinggungan dengan seratus lebih orang dengan berbagai profesi. Untuk me-manage itu semua dibutuhkan kecintaan kepada dunia developer. Tanpa cinta Sang Pengembang akan menyerah pada saat menemui tantangan. Ya, butuh cinta untuk menjadi Sang Pengembang tangguh.
  7. Mempunyai integritas. Integritas dibutuhkan untuk menjaga nama baik Sang Pengembang. Tanpa adanya integritas Sang Pengembang akan tergoda mencari keuntungan sesaat dengan menghalalkan segala cara.
  8. Berani menghadapi rintangan. Sang Pengembang harus berani menghadapi tantangan. Tantangan dibutuhkan supaya Sang Pengembang terasah secara mental. Mental yang kuat dibutuhkan untuk menjaga kontinuitas bisnis. Bisnis yang terus berlanjut menyebabkan roda perekonomian terus berputar dan menampung tenaga kerja. Banyak orang yang akan terhidupi jika roda proyek terus berputar.

Jika Anda meresapi dan memiliki sikap-sikap ini Anda akan menjadi Sang Pengembang tangguh.

SELAMAT DATANG SANG PENGEMBANG!!!

Penulis : Asriman Tanjung, Praktisi Bisnis Properti, member YukBisnisProperti. Website http://www.Asriman.Com/

One thought on “Miliki Mental Sang Pengembang!

  1. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum… Kami ucapkan Selamat ίϑϋƪ FǐțΓΊ.   Ħ
    ♏ȋ̝̊ηαℓ αȋ̝̊ϑzȋ̝̊η ωαℓ fαȋ̝̊ϑzȋ̝̊η O:)
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin….dian & kel

    Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *