Membeli Properti Produktif

flipper“Mas, kalau beli properti produktif seperti itu dg kpr dan cicilan dibayar dr income nya, apakah persyaratan kpr nya sama?”, tanya teman di Twitter yang rajin RT-in tweet2 saya.

“Sama aja. Tp proyeksi income tdk bisa dijadikan basis income.”. Kemudian saya sambung lagi, “Misalnya income anda 10jt/bulan. Mau beli properti produktif yg punya income 10jt/bulan. Tidak bisa serta merta penghasilan anda jadi 20jt. Tetap yg dihitung hanya 10jt. Alias past performance.”

Future income bisa dijadikan dasar pengembalian pinjaman apabila sudah menjadi piutang. Piutang itu future income yg jelas sumber penerimaannya.

Misalkan saja Anda memiliki kontrak kerja/SPK dari sebuah perusahaan untuk mengerjakan gedung senilai 1M. Maka Bank bisa memberikan pinjaman senilai 80%nya. Anda harus memberikan agunan tanah dan piutang sebagai jaminan pembayarannya.

Model pinjaman ini biasa disebut anjak piutang. Biasa diberikan sebagai pinjaman modal kerja. Bukan seperti KPR.

Jadi kalau mau beli kost2an via KPR, lihat income kita dulu krn income dari kost2an belum bisa dijadikan dasar pengembalian pinjaman. Sepanjang yang saya pahami demikian.

“Kalau rekeningnya digoreng gimana?”

“Mau digoreng, direbus, dibakar yang penting harus bisa bayar!”

“Caranya goreng gmn?”

“Gampang! Nyalakan kompor, panaskan minyak di wajan. Masukin aja tuh buku rekeningnya. Kl udah kering, diangkat! Mau lebih kriuk lagi, jangan lupa tepung terigunya. Hahaha.”

Jujur lebih baik! Jujur lebih wakriuuuuk!

Leave a Reply

Required fields are marked*